3 Mainan Bernilai Investasi untuk Dikoleksi

Mainan memang lebih identik dengan anak-anak, tapi tidak selamanya begitu lho. Kini banyak juga orang-orang dewasa yang sibuk mengamati mainan yang dipajang di etalase toko. Beberapa dari mereka bahkan tidak ragu merogoh dompet demi membawa pulang berbagai jenis mainan untuk dikoleksi. Ya, mengoleksi mainan memang sudah menjadi hobi dan kepuasan tersendiri bagi beberapa kalangan.

Namun tahukah kamu bahwa mengoleksi mainan tidak hanya berfungsi sebagai pajangan di rumah atau ajang pamer terhadap sesama kolektor mainan? Mengoleksi mainan juga bisa mendatangkan keuntungan besar karena beberapa mainan memiliki nilai investasi yang cenderung naik setiap tahunnya. Ingin mengetahui apa saja mainan yang bernilai investasi tinggi? Berikut ini pembahasannya.

 

1. LEGO (Plastic Brick)

mainaninvest02

LEGO adalah sejenis permainan menyusun brick plastik kecil yang bisa disusun menjadi berbagai macam bentuk. Mainan LEGO biasanya akan terbagi menjadi seri-seri tertentu yang memiliki periode waktu produksi. Para kolektor yang biasanya mengumpulkan seri-seri LEGO tertentu akan merasa kesulitan untuk mencari seri yang telah diberhentikan masa produksinya dan memicu peningkatan nilai LEGO. Ya, sistem one time production inilah yang membuat mainan LEGO memiliki nilai investasi yang tinggi.

Seperti yang dilansir oleh Telegraph, salah satu media Inggris, sejumlah set LEGO dan replika tokoh Star Wars yang dibeli pada tahun 1990-an dan disimpan dengan kondisi utuh, harganya dapat naik hingga 15% per tahun. Wow, sangat menguntungkan bukan?

Meski begitu, tidak semua mainan LEGO bernilai investasi tinggi. LEGO yang harganya dapat melonjak biasanya yang bertema film seperti Star Wars atau bertema landmark seperti Taj Mahal dan sejenisnya. Menurut BrickPicker.com, edisi LEGO yang menunjukkan kegiatan sehari-hari seperti di kantor polisi dan jalan-jalan di perkotaan juga dapat naik cukup drastis loh.

 

2. Hot Toys (Action Figure)

mainaninvest03

Jika kamu kolektor action figure, kamu pasti tahu atau pernah mendengar tentang “Hot Toys”. Hot Toys memang mampu menghasilkan produk-produk yang memiliki detail luar biasa. Tidak heran jika produk-produk Hot Toys yang sangat mirip dengan tokoh-tokoh aslinya ini mempunyai peminat hampir di seluruh dunia.

Selain kualitas yang luar biasa, nilai investasi Hot Toys yang cukup tinggi juga disebabkan karena Hot Toys memproduksi action figure dalam edisi terbatas. Hebatnya produk-produk mereka sering booming dan banyak dicari oleh para kolektor di seluruh dunia. Saat sebuah barang yang langka banyak dicari, tentu akan menyebabkan nilai jualnya melambung tinggi. Menurut Howard Chen, sang CEO Hot Toys, harga jual produk limited edition mereka bisa naik 3-10% setiap tahunnya. Lumayan sekali bukan? Apalagi Hot Toys pun sering merilis produknya dengan sistem pre-order secara online dengan potongan harga hingga 20% dari harga aslinya. Tentu sangat menguntungkan sekaligus menjanjikan buat kamu yang mau mengoleksi sekaligus berinvestasi mainan.

3. Hot Wheels (Diecast)

mainaninvest04

Mainan lain yang bisa kamu jadikan barang koleksi sekaligus alat investasi adalah miniatur mobil atau biasa disebut diecast. Salah satu produsen diecast yang paling terkenal adalah Hot Wheels. Setiap produk Hot Wheels berkualitas tinggi sehingga memiliki daya tarik luar biasa bagi para kolektornya. Selain itu, Hot Wheels juga merupakan salah satu merek diecast yang paling tinggi nilai investasinya. Jika kamu melihat produk Hot Wheels langka yang ditawarkan di situs eBay, kamu pasti akan tercengang karena harga yang tertera di sana. Ya, harganya bisa berpuluh kali lipat dari harga awalnya.

Meski begitu, tidak semua produk Hot Wheels bisa naik berpuluh kali lipat. Jika kamu berniat mengoleksi dan berinvestasi dengan Hot Wheels, kamu perlu jeli dalam memilih produk mana saja yang nilai jualnya dapat cepat meningkat. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan adalah jenis mobil, original atau tidaknya, tahun pembuatan, tempat pembuatan, skala, kualitas komponen dan stok-nya.

 

Source: Colony, dengan perubahan seperlunya

Post Author: anaketjil

senang baca, senang jalan-jalan, senang main game, juga senang nonton. tapi lebih senang lagi kalau ditraktir makan sampai kenyang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.