Aquatico, Board Game Ekosistem Perairan Indonesia

Bagi Laikers yang senang bermain board game, ada board game  baru yang dirilis secara resmi  pada tanggal 23 Februari lalu, Aquatico. Board game  yang satu ini merupakan sebuah board game yang berkisah mengenai ekosistem perairan di Indonesia, seperti laut dan air tawar, serta seluruh hewan yang hidup di dalamnya. Bagaimanapun, seperti yang telah Laikers ketahui, negara Indonesia kita yang tercinta ini merupakan sebuah negara kepulauan yang dikelilingin oleh laut yang kaya akan kehidupan. Belum lagi sungai-sungai yang mengalir di setiap pulau di Indonesia dan danau-danaunya.

Jenis ekosistem yang terdapat dalam board game ini juga cukup bervariasi, di antaranya adalah laut Dalam, Sungai, Danau, Padang Lamun, Lahan Basah, Terumbu Karang, dan Hutan Bakau. Bagaimana dengan jenis faunanya? Dalam game ini, Laikers akan menemui berbagai macam fauna seperti Bangau Bluok, Ikan Badut, Paus Biru, Bekantan, Ikan Pora-pora, Dugong, Lumba-lumba, dan Ikan matahari.

Dari segi gameplay, Aquatico memiliki gameplay yang mudah dimengerti. Dalam Aquatico, Laikers akan berperan sebagai suatu komunitas yang bertugas untuk menjaga ekosistem tertentu agar tetap sehat. Memang, board game yang satu ini sangatlah mudah untuk dimainkan dan dapat menjadi media yang tepat untuk pemain yang masih bersekolah maupun yang telah bekerja dan berkeluarga.

Aquatico sendiri merupakan game yang dikembangkan oleh Manikmaya Games dan Coral Triangle Center, sebuah NGO yang memiliki fokus pada edukasi terkait konservasi ekosistem perairan di Indonesia dan Asia Pasifik. melalui Aquatico, diharapkan dapat memperkenalkan topik kekayaan hayati air tawar dan air asin di Indonesia dengan lebih luas. Tidak hanya itu, board game yang dirancang oleh Brendan Satria dan diilustrasikan oleh Rezza Rainaldy ini juga didukung penuh oleh pakar ekosistem kelautan Coral Triangle Center.

 

Post Author: Escravania

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.