Cara Baru Untuk Mendinginkan Laptop dan Komputer

Apakah Laikers tahu, kalau kalian bisa mengusir panas di laptop dengan konsep thermodinamika.

Panas menjadi musuh utama Laikers yang bermain game berat atau bekerja dengan banyak tab di laptop. Tidak ada solusi jitu yang bisa menghalau panas tersebut kecuali membeli meja berkipas atau mematikan laptop ketika suhunya sudah terlalu panas. Padahal saat itu bokong Tracer sudah menunggu di Overwatch atau Hodor sudah mati di Game of Thrones. Maaf untuk spoilernya.

Nah, dari pada manyun enggak ada juntrungannya, mendingan kalian ikuti life hack unik yang dilakukan oleh orang Jepang bernama Akinori Suzuki. Suzuki mengurangi panas laptop dengan menggunakan prinsip thermodinamika. Alias dengan cara menyusun koin tembaga di atas laptop. Lebih tepatnya di atas permukaan yang paling panas.

Di tahun 2012, sebuah situs Jepang menemukan kalau Macbook Pro dengan Retina Display memiliki suhu operasional yang sangat tinggi walaupun dijalankan dalam mode performa optimum. Web tersebut akhirnya melakukan pemindaian untuk melihat bagian mana yang menyebabkan Macbook Pro terlalu panas. Ternyata hasilnya menunjukkan sumber panas tersebut berasal dari titik-titik yang dekat dengan layar monitor. Sebuah fakta yang semua orang sudah tahu.

overheat

Ketika situs Jepang tersebut tidak bisa berbuat banyak dengan penemuannya, Suzuki malah terinspirasi dari hasil penemuan tersebut dan menyusun koin 10-yen di bagian yang paling panas.

Koin yang digunakan terbuat dari tembaga, karen tembaga adalah konduktor yang baik ketimbang bahan-bahan pembuat laptop, seperti alumunium dan plastik. Berdasarkan konsep  thermodinamika, koin tembaga yang dingin akan langsung menyerap panas Macbook Pro sehingga suhunya sederajat. Prinsipnya mirip dengan heatsink tetapi jauh lebih sederhana dan lebih pasif.

Suzuki mentweet hasil temuannya. “Bila ada yang yang mengalami masalah suhu ketika menggunakan Macbook Pro, kalian bisa mengurangi panasnya dengan koin 10-yen yang bertebaran di rumah kalian.” Tweet ini menjadi hit dan viral di seluruh dunia. Beberapa orang juga ikut-ikutan berkesperimen dengan koin tembaga. Mereka menemukan kalau trik ini bekerja untuk semua gadget, termasuk desktop PC.

desktop

Walaupun temuan ini belum diakui oleh para ilmuwan, Laikers bisa mencobanya sendiri asalkan kalian memiliki koin yang mengandung tembaga. Sayang uang Indonesia rata-rata terbuat dari nikel, kuningan atau almunium. Jadi bila Laikers ingin mencoba trik ini, ada baiknya kalian memiliki teman yang tinggal di Australia atau Inggris. Karena dolar Australia masih menggunakan tembaga untuk koinnya, begitu pun pound sterling.

Di sebuah situs, Laikdis membaca kalau koin Rp100,- dan Rp50,- memiliki kandungan 75% tembaga dan 25% nikel. Mungkin Laikers bisa mencoba koin tersebut bila kalian masih memilikinya. Untuk uang Rp500,- lama, ada kemungkinan besar uang tersebut menggunakan kuningan dan tembaga sehingga bisa juga digunakan. Begitupun dengan koin Rp1.000,- lama.

Uang 1000

Post Author: Anduril

I'll say this once and only once. I'm not taking out any more Metal Gears! Not rescuing any old men, or VIP. If it's a hot damsel in distress, I'll think about it.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.