Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Membeli PlayStation VR

Sony Interactive Entertainment Hongkong Ltd telah mengumumkan bahwa PlayStation VR akan dirilis pada tanggal 13 Oktober 2016 mendatang. VR Headset ini akan dijual dengan harga 399 USD atau sekitar Rp 5,3 juta. Sedangkan untuk wilayah Asia, termasuk Indonesia, Sony menawarkan PlayStation VR dengan harga Rp 6.690.000. Mengingat harga perangkatnya yang tidak murah tersebut, alangkah baiknya jika kalian memahami terlebih dahulu apa saja yang ada di PlayStation VR sebelum membelinya. Ingin mengetahuinya? Simak deh 5 poin berikut ini!

 

1. Perangkat yang Disertakan

vr02

Harga tersebut di atas hanya untuk headset saja, sedangkan perangkat tambahan seperti PlayStation Camera atau PlayStation Move dijual terpisah. Artinya, mau tidak mau kalian harus membeli tiga jenis perangkat tersebut sebelum bisa memainkan game VR-nya. Lalu, apa saja perangkat yang disertakan dalam PlayStation VR? Selain headset PlayStation VR, kamu juga akan mendapatkan sebuah kotak processing, kabel power, earphones, 2 konektor HDMI, kabel HDMI dan sebuah micro USB.

 

2. Spesifikasi

vr03

Ini dia Spesifikasi dari PlayStation VR, pahami dulu sebelum membelinya yah.

  • Ukuran Layar: 7″
  • Resolusi: 1920×1080 (960×1080 per mata)
  • Refresh Rate: 120Hz, 90Hz
  • Latency: Kurang dari 18ms
  • Sensor: 360 Degree Tracking/9LEDS
  • Sudut pandang: Kurang lebih 100 derajat
  • Controller: Dualshock 4 & PS Move

 

3. Fitur

vr04

PlayStation VR dilengkapi oleh berbagai fitur keren seperti Social Screen, Mirroring Mode dan Separate Mode. Social Screen memungkinkan pengguna untuk bermain dengan keluarga, teman atau suatu grup dalam sebuah permainan. Mirroring Mode mampu menayangkan apa yang kamu lihat di PlayStation VR ke layar lain. Sedangkan Separate Mode bisa digunakan untuk bermain battle dengan gamer lain. Selain itu, ada fitur Cinematic Mode yang memungkinkan PlayStation VR berfungsi seperti layar televisi selebar 16:9 yang tepat berada di depan mata, sehingga memungkinkan kamu untuk melihat visual game ataupun menonton film.

 

4. Daftar Game yang Bisa Dimainkan

Sony telah menjanjikan akan ada lebih dari 60 game VR yang dirilis sebelum tahun 2016 berakhir, termasuk game besar seperti Final Fantasy XV: VR Experience, Resident Evil 7: Biohazard, Tekken 7, Ace Combat 7 dan Gran Turismo Sport. Bukan hanya game Barat, para developer Jepang pun ikut mengeluarkan game yang bisa dimainkan melalui perangkat VR ini. Contohnya Shin Godzilla Special Demo, Hatsune Miku VR: Future Live dan Summer Lesson.

Untuk daftar lengkapnya, bisa kalian lihat di bawah ini:

table01

table02

table03

table04

table05

table06

 

5. Digunakan Sambil Duduk

vr06

Menurut informasi yang kami baca di user guide situs PlayStation Asia, tempat bermain gamer harus memiliki luas minimal 6 meter persegi. Selain itu, tidak seperti HTC Vive atau Oculus Rift, PlayStation VR ini dirancang untuk penggunaan sambil duduk. Jadi, buat kamu yang ingin merasakan sensasi bermain game sambil berdiri ataupun berlari, sepertinya perlu mempertimbangkan lagi sebelum membeli perangkat VR ini.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya kamu ketahui sebelum membeli PlayStation VR. Jika kamu tertarik untuk mencoba bagaimana rasanya memakai kacamata virtual reality, kamu bisa di acara Colony Collection Market: Toys & Games yang akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada tanggal 3-4 Desember 2016. Di acara tahunan yang diselenggarakan oleh Colony ini, kamu juga bisa berburu barang-barang menarik seperti untuk dikoleksi. Selain itu, kamu juga dapat bertemu dengan tokoh-tokoh ikonik di dunia toys & games, mengikuti berbagai kegiatan seru seperti kompetisi cosplay, rare item auction, games virtual reality dan juga mencoba motion sensor yang sedang hits.

 

Source: Colony

Post Author: anaketjil

senang baca, senang jalan-jalan, senang main game, juga senang nonton. tapi lebih senang lagi kalau ditraktir makan sampai kenyang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.