LEGO Akhirnya Menggugat Lepin

Beberapa waktu lalu para anggota RLUG (Recognized LEGO User Group) mendapat pesan yang cukup menarik. (Akhirnya) LEGO mengambil langkah hukum terhadap Lepin! Bagi Laikers yang belum familiar dengan Lepin, singkatnya produk ini adalah kloningan dari LEGO yang diproduksi oleh produsen asal negara Tirai Bambu.

Peredaran produk Lepin di pasaran rupanya membuat komunitas LEGO terbagi menjadi dua kubu. Kubu yang pertama adalah mereka yang menolak keberadaan barang “haram” tersebut. Sedangkan kubu yang kedua adalah kubu yang menerima kehadiran Lepin dengan lapang dada karena Lepin menawarkan sesuatu yang mungkin diidam-idamkan para penggemar LEGO: harga yang jauh lebih murah.

Kadang Lepin juga digunakan sebagai pengganti bagi orang-orang yang menginginkan LEGO mereka tetap dalam kondisi MISB (Mint In Sealed Box). Walaupun ada juga anggota AFOL (Adult Fans of LEGO) yang memilih cara-cara lain yang lebih terpuji, seperti misalnya membeli LEGO Display.

Bisa jadi gugatan yang dilayangkan LEGO ini akan menjadi akhir dari Lepin, walaupun sejatinya proses ini akan sangat panjang, mengingat hukum di Tiongkok sangatlah rumit. Tapi bagaimanapun juga memang sudah saatnya Lepin ditutup karena pelanggaran IP-nya, setidaknya itulah yang kami yakini. Bagaimana pendapatmu, Laikers?

Berikut adalah kutipan dari email yang dikirim oleh LEGO Community Engagement Team kepada perwakilan RLUG:

Kepada perwakilan RLUG,

Kami ingin mengkonfirmasi kalau LEGO Group memang sedang melayangkan gugatan hukum di pengadilan Tiongkok melawan Lepin. Saat ini kasus kami sudah diterima oleh pengadilan Tiongkok dan sedang dalam masa tunggu untuk pengadilan. Kami berharap kalau keputusan pertama akan didapatkan dalam waktu satu tahun. Perlu dicatat, selama kasus ini disidangkan Lepin tidak bisa menjual ataupun memasarkan produknya.

Kami menghargai komunitas LEGO yang peduli tentang keberadaan imitasi LEGO ini. Kami berkomitmen untuk melakukan apapun yang dibutuhkan untuk melindungi merk dan produk LEGO dari eksploitasi. Selain itu kami juga tidak bisa membiarkan konsumen disesatkan oleh produk-produk LEGO palsu.

Kami berterima kasih terhadap loyalitas dan dukungan kalian. Jangan segan-segan untuk menyebarkan pesan ini.

Atas nama grup LEGO
LCE

Post Author: Anduril

I'll say this once and only once. I'm not taking out any more Metal Gears! Not rescuing any old men, or VIP. If it's a hot damsel in distress, I'll think about it.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.