Supermicro Masuki Pasar Gaming dengan Seri SUPERO

Merek Supermicro terdengar asing di kalangan gamer, tetapi sejatinya merek ini sangat terkenal di kalangan pengguna server dan jaringan. Supermicro menguasai 12 persen server di dunia, itu artinya setiap kali kamu melihat Google, Techno-Solution.biz atau Laikdis.net, kemungkinan besar kamu sedang merasakan kecanggihan teknologi Supermicro.

Sekarang bayangkan, kalau teknologi dan ketangguhan server Supermicro dibawa ke motherboard gaming milikmu. Pasti jadinya canggih dan awet banget. Nah, dengan bermaksud menjawab tantangan dan mengisi relung market gaming Indonesia yang besar ini, Supermicro merilis motherboard seri SUPERO yang ditujukan bagi kelas menengah hingga para enthusiast gamer.

SM1

Untuk menyerbu market Indonesia Supermicro membawa seri C7Z270-PG yang diperuntukkan bagi enthusiast gamer. Seri C7z270-CG, C7Z270-CG-L, C7Z270-CG-ML, dan C7H270-CG-ML, untuk kelas menengah atau core gamer. Sedangkan seri C7Q270-CB-ML dan C7B250-CB-ML ditujukan bagi kelas iCafe dan bisnis.

C7Z270-PG dihiasi dengan warna hitam dan silver. Motheboard ini diperuntukkan bagi gamer yang menginginkan sebuah motherboard high-end dengan PCI-E yang siap SLI dengan konfigurasi 32 PCI lane berkat PLX chip yang disematkan. Selain itu kalian juga mendapati BIOS readout, dua buah M.2 port, dan dua buah U.2 port.

SM6

Untuk seri C7z270-CG, walaupun satu kelas di bawah seri PG, tetapi ukuran heatpipe yang disematkan tidaklah memperlihatkan kalau seri ini di bawah seri PG. Sebaliknya seri ini sepertinya disiapkan bagi PC enthusiast yang hobi melakukan OC dan tweak. Laikdis juga mendapati dua buah M.2 port di seri ini.

SM8

Bagi gamer yang memiliki budget menengah tapi ingin memiliki kedahsyatan yang dimiliki SUPERO, Laikers bisa menjajal keganasan seri C7Z270-CG-L. Motherboard ini masih mengusung format full ATX dan sebenarnya masih memiliki berbagai fitur yang diusung oleh kedua kakaknya. Gokilnya lagi, walaupun berada di posisi bontot untuk kelas gaming, C7Z270-CG-L sudah VR-Ready.

SM5

Ketiga motherboard di atas dilengkapi dengan beragam konektor yang berlimpah termasuk konektor USB 3.1 Type-A dan Type-C (Gen-2).

Untuk seri C7H270-CG-ML, Supermicro benar-benar mematok seri ini sebagai seri mid-end core business yang cocok digunakan untuk iCafe di Indonesia. Jadi kalian tidak akan menemukan ekstra PCI-E untuk SLI, tetapi sebagai gantinya C7H270-CG-ML memiliki form factor yang kompak dan muat di casing kecil.

SM10

Hal yang sama juga berlaku untuk seri C7B250-CB-ML. Motherboard ini dibangun dalam form factor yang kecil. Uniknya C7B250-CB-ML dibuat mampu melahap prosesor Xeon seri E3 generasi 5 dan 6. Sepertinya Supermicro ingin menjadikan C7B250-CB-ML sebagai motherboard server rumahan atau iCafe.

SM7

SUPERO bakal mengusung teknologi dan konfigurasi server, sehingga SUPERO memiliki konversi daya mencapai 90 persen. Itu artinya setiap komponen yang terpasang di motherboard SUPERO tidak akan mengalami kekurangan daya atau timpang. Karena konversi daya yang sangat tinggi, SUPERO dijamin akan menghasilkan panas yang jauh lebih rendah ketimbang motherboard lain yang sejenis.

Konfigurasi server yang digunakan membuat komponen yang dimiliki oleh SUPERO 40 persen lebih banyak ketimbang motherboard lain yang sejenis. Belum jelas apakah jumlah komponen ini bakal mempengaruhi harga yang disematkan ke SUPERO, karena sampai detik ini Techno Solution belum mengumumkan harga masing-masing entry.

P_20170117_115808

Di balik kecanggihan SUPERO, sebenarnya Laikdis masih melihat kemungkinan pengembangan yang bisa dicapai oleh Supermicro di masa mendatang. Seperti misalnya pelindung yang lebih baik dan lebih stylish untuk motherboard kelas enthusiast mereka. Di satu sisi, Laikdis juga sangat bersyukur dengan keputusan yang diambil oleh Supermicro dalam membuat seri motherboardnya. Alih-alih mengikuti pasar RGB super norak yang menyebalkan, Supermicro memilih desain simplistik yang lebih mengedepankan fungsi ketimbang gimmick cahaya warna-warni yang ujung-ujungnya tidak berguna.

Post Author: Anduril

I'll say this once and only once. I'm not taking out any more Metal Gears! Not rescuing any old men, or VIP. If it's a hot damsel in distress, I'll think about it.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.