The Greatest Showman Review

Film The Greatest Showman sukses memberikan persembahan kumpulan lagu-lagu soundtrack film yang terbaik di tahun 2017 ini. Bagi Laikers yang telah menyaksikan filmnya atau trailer-nya, bisa dipastikan akan menggemari beberapa lagu yang dijagokan dalam film ini. Dan tidak akan mengherankan jika irama lagu tersebut akan terus terngiang selama beberapa hari berikutnya.

Sutradara Michael Gracey berusaha membuat film The Greatest Showman sekelas dengan film-film musikal lainnya, seperti Moulin Rouge (2001) atau Chicago (2002). Sayangnya, secara keseluruhan, cerita dalam film The Greatest Showman tidak sedalam kedua film tersebut. Bukan berarti film ini tidak menyenangkan untuk disaksikan. Bagi Laikers yang menyenangi kemegahan suatu atraksi dan lagu-lagu yang menawan, film ini akan terasa sangat menghibur dan menyenangkan, sekaligus memberikan nilai-nilai moral.

Meski diinspirasi dari kisah hidup Phineas Taylor Barnum, pemilik dari Barnum & Bailey Circus, film ini tidak seratus persen mengadaptasi perjalanan hidupnya. Dan hal tersebut bisa jadi merupakan salah satu nilai jual dari film ini, tentu saja selain panggung yang gemerlap, atraksi yang memukau, dan lagu-lagu yang indah.

Hugh Jackman berperan sebagai P.T. Barnum, seorang pria dari golongan bawah yang berhasil menikah dengan seorang wanita dari golongan kaya, Charity (Michelle Williams). Keduanya telah diam-diam menjalin hubungan asmara sedari kecil. Kehidupan mereka yang sederhana bergolak saat perusahaan tempat Barnum bekerja mengalami kebangkrutan. Berusaha menghidupi keluarganya, Barnum pun menipu Bank dan mendapatkan pinjaman untuk membuka sebuah museum berisi patung-patung lilin yang tidak biasa.

Saat usaha museum tidak berjalan dengan lancar. Barnum pun memiliki ide lain, mengumpulkan orang-orang aneh untuk tampil bersama. Pertunjukan yang mereka lakukan lumayan sukses. Meski diganjar dengan kritikan yang pedas. Namun, dengan pintarnya, Barnum menggunakan kritikan tersebut untuk semakin menyukseskan pertunjukannya.

Setelah itu, Barnum pun berkolaborasi dengan Phillip Carlyle (Zac Efron). Kolaborasi tersebut membuat Barnum dikenal hingga ke Inggris dan bertemu dengan penyanyi Swedia bersuara merdu, Jenny Lind (Rebecca Ferguson). Hal tersebut memuat Barnum sedikit demi sedikit mulai kehilangan arah dan malah berusaha keras membuat golongan elite menerima serta memperhatikan dirinya. Tentu saja, golongan atas tidak memiliki imajinasi akan keajaiban yang sama dengan dirinya.

Hugh Jackman tampil sangat prima dan apik sebagai Barnum. Bisa dikatakan penampilannya dalam film ini terlihat sangat natural. Dengan bakat dan karismanya, Hugh Jackman dapat membuat sosok Barnum terlihat sangat hidup dan penuh dengan berbagai emosi. Tidak heran jika dirinya mendapatkan nominasi piala Golden Globe sebagai aktor terbaik.

Salah satu adegan terbaik dalam film ini adalah adegan trapeze, dimana Phillip dan Anne menyanyikan lagu berjudul Rewrite the Stars. Dipastikan adegan tersebut dapat memukau siapapun yang menyaksikannya.

Satu hal yang lumayan disayangkan adalah penampilan Michelle Williams yang terasa bagaikan tempelan saja di sini. Artis yang sangat berbakat ini seharusnya diberi porsi peran yang jauh lebih kompleks daripada karakter Charity yang dibawakannya dalam film ini.

Dari segi score musik, film ini memang tidak tercela. Ditangani dengan sangat piawainya oleh Benj Pasek dan Justin Paul yang telah berhasil meraih piala Oscar dalam film La La Land, seluruh lagu yang berada dalam film ini sungguh terasa sangat menyenangkan untuk dinikmati. Setiap lagu seakan memiliki jiwa tersendiri dan sanggup membuat Laikers terlena. Lagu berjudul This is Me yang menjadi lagu utama film ini karya Benj Pasek dan Justin Paul pun memperoleh nominasi piala Golden Globe untuk kategori Best Original Song.

Film The Greatest Showman merupakan sebuah film yang menyenangkan untuk disaksikan, meski dari segi cerita masih terasa kurang. Bagaimanapun, secara sekilas film ini juga menghadirkan nilai-nilai moral yang sangat mudah dipahami oleh siapapun. Bagi Laikers yang gemar menonton film musikal, pastikan untuk segera menyaksikan film ini di bioskop-bioskop terdekat Indonesia.

Post Author: Escravania

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.