// Replace with first Tag Manager code
LOADING

Type to search

Review Techno

ASUS X550ZE: Notebook Gaming dengan Harga Sangat Terjangkau

Share


Hai Laikers, saya yakin, ketika pertama kali membaca judul artikel ini, kening kalian akan langsung berkerut. “Mana ada Notebook Gaming yang harganya murah?”, pasti itu yang langsung kalian pikirkan bukan? Well, inilah tantangan yang ingin dijawab oleh Asus saat meluncurkan produk notebook ASUS X550ZE.

Hardware

Untuk produk ini, Asus memilih AMD sebagai tenaga utama prosesornya. Meski harganya relatif murah, ASUS X550ZE dengan AMD FX-7600P hadir dengan kinerja tinggi, memiliki 12 core processor (4 CPU + 8 GPU), dan memiliki fitur dual grafis. Kombinasi 12 core processor tersebut akan membuat performa multimedia dan gaming menjadi lebih baik. Apalagi jika fitur Turbo-nya dinyalakan, kecepatan komputasinya akan bertambah hingga 3,6 GHz. Sangat mumpuni bukan?

Dua buah GPU dipasangkan di notebook ini yaitu Radeon R5 M230 dan yang satu lagi adalah GPU terintegrasi dalam Processor FX-7600P yakni AMD Radeon R7 Kaveri. Menurut data kami, GPU AMD Radeon R7 Kaveri memiliki VRAM 1GB dan Memory interface 128-bit. Tentu saja kinerja dari notebook ini lebih dari sekedar cukup untuk dapat mengerjakan editing video atau gambar serta bermain game dengan nyaman.

Tampilan Fisik

X550DP_Left_Back_Open_resize

Marilah kita lihat tampilan fisiknya. Asus X550ZE menggunakan bahan plastik, tetapi didesain sedemikian rupa sehingga terlihat seakan menggunakan material logam. Dengan desain kover yang bergaya melingkar, notebook ini terlihat cantik dan menarik. Keyboard yang digunakan merupakan keyboard kekinian bergaya chiclet yang memiliki jarak antar tombol dan nyaman untuk mengetik. Di bagian palm rest terbenam teknologi IceCool yang menjaga agar suhu tetap di bawah 35 derajat celcius. Kejutan menyenangkan lainnya adalah keyboard yang digunakan merupakan full keyboard di mana terdapat numpad pada sisi kanannya. Nyaman untuk dipakai bekerja.

X550DP_KeyPad_resize

Dengan ukuran dimensi 380 x 251 x 25,1 mm, notebook ini memuat layar ukuran 15,6 inci dengan resolusi 1366 x 768 yang sangat nyaman untuk digunakan baik saat mengerjakan pekerjaan desain ataupun bermain game. Bobotnya sekitar 2,26 kg dan mungkin dianggap cukup berat, tetapi jika kita ingat akan kemampuannya yang mumpuni, rasanya itu cukup sepadan.

X550DP_Front_Open150._NCjpg_resize

Untuk port yang tersedia, kita dapat menemukan port untuk audio combo 3,5mm, dua buah slot dengan teknologi USB 3.0, port LAN, HDMI, VGA, dan SD Card. Sebagai tambahan, masih ada 1 buah slot USB 2.0 dan juga drive optical. Bicara mengenai charger, berbeda dengan bobot notebooknya itu sendiri, charger yang digunakan sangat ringan dan kecil, cocok untuk dibawa ke mana-mana.

Performa dan Daya Tahan Baterai

Notebook ini memiliki RAM LPDDR3L berkapasitas 4 GB pada clock 1600MHz. Jika ini dirasa masih kurang cukup, pengguna masih bisa menambahkan satu keping RAM lagi dan menjalankannya di mode dual channel 2 x 4GB.

Asus menyematkan hard disk kapasitas 1 TB dengan kecepatan 5400 RPM. Untuk optical drivenya, ada Hitachi/LG DVD Writer yang mendukung DVD-RAM dan memiliki kecepatan bakar DVD 8x serta 24x untuk CD. ASUS juga menyediakan layanan gratis berupa cloud storage sebesar 32 GB selama 3 tahun.

Bagaimana dengan daya tahan baterainya? Cukup lumayan kok. Dengan pemakaian terus menerus, Asus X550ZE diperkirakan masih sanggup untuk bertahan selama 2 jam 30 menit.

Kesimpulan

X550DP_Left_Open135_Top_NC_resizeSudah meupakan fakta yang tak terbantahkan bahwa bermain game dengan notebook akan menyedot biaya yang lebih besar daripada menggunakan desktop. Itu karena notebook membutuhkan komponen-komponen yang lebih kecil dan tentunya juga lebih mahal. Tetapi, apabila kalian merupakan golongan orang yang merasa cukup bermain game dengan setting menengah, maka kami sarankan untuk memilih notebook Asus X550ZE.

Hard disk yang disediakan juga cukup besar, tetapi jika dirasa masih kurang, Laikers hanya perlu membeli sebuah hard disk external dengan teknologi USB 3.0 yang memiliki kecepatan transfer tertinggi saat ini. Bobotnya agak sedikit berat, tapi sesuai dengan kemampuan komputasinya. Chargernya yang compact justru menambah kenyamanan untuk menggunakan laptop ini secara mobile. Masih ada satu hal lagi yang patut menjadi perhatian Laikers saat membeli barang elektronik yaitu jaminan garansi. Untuk notebook ini, Asus menyediakan garansi penuh internasional selama 2 tahun untuk servis dan juga spare partnya.

Apalagi yang Laikers ragukan? Selama ini Asus sudah terkenal dengan performa dan juga kualitasnya. Dengan adanya notebook X550ZE ini, rasanya kebutuhan kalian untuk bermain game dengan nyaman secara mobile sudah terpenuhi.

 

Tags:
Gegemania

Suka beli film tapi suka lupa nontonnya.  Senang beli buku, tapi suka lupa bacanya.  Sering beli game tapi suka lupa maininnya.

  • 1
Next Article