LOADING

Type to search

Share

Karya-karya Christopher Nolan telah banyak menuai pujian, mulai dari Memento, The Prestige, Dark Knight Trilogy, hingga Interstellar. Hampir semua film yang digarapnya menghasilkan decakan kagum dan memberikan pengalaman yang berbeda bagi para penonton. Tapi itu semua tidak bisa dibandingkan dengan keberhasilan yang diperolehnya dalam Dunkirk. Dimana Christopher Nolan telah dengan suksesnya memberikan nuansa baru dalam genre film perang yang selama ini selalu dipenuhi dengan adegan-adegan pertarungan penuh darah dan politik. Alih-alih membuat film yang ceritanya mudah ditebak, sutradara kawakan asal Inggris ini berhasil membuat para penonton terpaku dan merasakan kengerian yang dialami oleh para karakter dalam Dunkirk.

Dibuat dalam format IMAX dengan menggunakan kamera 65 mm dan 65 mm dengan format besar, Dunkirk berkisah mengenai proses evakuasi pasukan sekutu dari wilayah Perancis yang dikuasai oleh Jerman. Proses evakuasi tersebut digambarkan melalui tiga perspektif yang berbeda, darat (melalui pantai), air (melalui laut dengan menggunakan kapal), dan udara (pertarungan pesawat tempur Spitfire untuk membantu proses evakuasi).

Pada bulan Mei tahun 1940, pasukan Jerman berhasil memukul mundur pasukan sekutu. Pasukan Sekutu yang terdesak berkumpul di pantai Dunkirk, wilayah Perancis. Berbagai macam usaha dilakukan untuk mengevakuasi lebih dari 300 ribu pasukan sekutu yang terdampar di Dunkirk. Termasuk dengan mengerahkan seluruh kapal laut milik penduduk untuk mengangkut mereka semua. Tidak itu saja, tiga buah pesawat tempur Spitfire yang tersisa pun mati-matian bertempur pesawat tempur Luftwaffe milik Jerman yang berusaha keras menggagalkan proses evakuasi tersebut.

Dialog yang lumayan minim sama sekali bukan gangguan dalam menikmati film ini. Melalui pandangan mata Kenneth Branagh, laikers dapat merasakan kesedihan yang dirasakannya saat para tentara sekutu tewas bergelimpangan di sekitarnya akibat bom yang dijatuhkan oleh pesawat tempur Luftwaffe. Belum lagi mata Tom Hardy yang sangat ekspresif, terlihat penuh tekad saat bertarung dengan pesawat tempur Spitfire-nya. Semua itu, tentu saja dibatul dengan musik spektakuler besutan komposer terkemuka, Hans Zimmer. Akting aktor pendatang baru, Fionn Whitehead, sebagai Tommy, seorang tentara Inggris yang bertekad untuk pulang walau harus menggunakan berbagai cara pun tampak tidak tercela. Maupun tidak dapat dibandingkan dengan karakter yang dibawakan oleh Cillian Murphy, seorang tentara yang mengalami trauma dan berusaha menghalangi Mark Rylance untuk membawa kapalnya ke Dunkirk. Last but not least, Dunkirk merupakan film yang wajib laikers tonton. Ajak semua teman untuk menyaksikan film karya Christopher Nolan yang sangat fenomenal ini.

Tags::
Previous Article
Next Article

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *