// Replace with first Tag Manager code
LOADING

Type to search

Inilah Pemenang Pertamina Energy Hackathon 2.0

Share

Pada akhir pekan minggu ketiga Agustus, Pertamina menyelenggarakan Pertamina Energy Hackathon (PEH) 2.0. Acara yang bertempat di salah satu hotel area pusat Jakarta ini diikuti oleh 847 pengembang aplikasi yang datang dari 62 kota di Indonesia. Mereka ditantang untuk mengeluarkan ide terbaik mereka dalam mengembangkan aplikasi guna menemukan solusi atas atas permasalahan aktual industri energi Indonesia dalam menghadapi tantangan digitalisasi industri.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menjelaskan bahwa program ini didesain untuk mengajak masyarakat luas, khususnya para developer muda berbakat dan terbaik Indonesia dalam menemukan ide-ide baru serta transfer teknologi bersama-sama dengan Pertamina. “Hackathon merupakan bentuk nyata Pertamina yang terus berkomitmen untuk selalu berinovasi terhadap kemajuan teknologi terlebih di sisi industri”, ujar Fajriyah.

Menurut Senior Vice President Corporate ICT Pertamina Jeffrey Tjahja Indra, dari 847 developer tersebut, mereka akhirnya memilih 100 finalis. Para developer tersebut dinilai memiliki ide yang sangat bagus dan sesuai dengan kategori yang diperlombakan, yaitu B2C e-Commerce, B2B e-Commerce, dan Asset Optimalization. “Dengan keunikannya masing-masing, 100 finalis diseleksi hari ini untuk dipilih beberapa aplikasi terbaik. Kami optimistis akan mendapatkan karya yang paling bagus, paling sesuai dan paling kami butuhkan,” ungkap Jeffrey pada hari Sabtu tanggal 24 Agustus 2019.

Jeffrey juga berharap para finalis dapat menjadi bagian dari Energi Terbarukan di Pertamina Digital Transformasi melalui Pertamina Digital Community External. “Ayo bersama-sama bangun Indonesia, saatnya yang muda yang ambil peran, melalui Pertamina,” pungkasnya.

Di akhir acara, para dewan juri telah memilih lima tim pemenang. Mereka adalah:

  1. Petravision (B2C E-Commerce) menjadi juara pertama
  2. Machine Vision (Asset Optimization) menjadi juara kedua
  3. D’Kletz (B2C E-Commerce) menjadi juara ketiga.

Selain tiga tim tersebut, PetrolHead (B2B E-Commerce), dan i-Patrol (Asset Optimization) juga terpilih menjadi juara harapan.

Bapak Semuel Abrijani Pangerapan yang merupakan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika juga menjadi salah satu juri di Pertamina Energy Hackathon 2.0 ini. Beliau menyatakan, “Anak muda yang terlibat di event ini kita paksa untuk mengeluarkan seluruh ide yang mereka miliki. Dari situ kita bisa mendapatkan banyak solusi baru untuk Pertamina.” Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa, sebenarnya ada banyak ide dari peserta yang jika difasilitasi akan bisa berdampak positif bagi Indonesia secara keseluruhan.

Tahun lalu, acara yang sama juga telah diadakan dengan jumlah peserta 340 orang. Artinya, semakin banyak developer muda yang tertarik untuk mengikuti acara ini. Laikers tertarik untuk mengikuti acara ini? Masih ada waktu untuk mempersiapkan diri sebelum Hackathon 3.0 digelar lho!

Tags:
Gegemania

Suka beli film tapi suka lupa nontonnya.  Senang beli buku, tapi suka lupa bacanya.  Sering beli game Steam tapi suka lupa maininnya.

  • 1