// Replace with first Tag Manager code
LOADING

Type to search

Game News

Mau Dibawa ke Mana RO Indonesia?

Share

Beberapa hari terakhir ini, beredar gosip yang menyebutkan game Ragnarok Online akan segera berganti publisher. Sangatlah wajar apabila gosip perpindahan operator game Ragnarok Online ini beredar dengan sangat cepat di kalangan gamer online di Indonesia.

Masih sangat jelas terbayang dalam ingatan kita bagaimana carut marutnya proses perpindahan Point Blank dari Gemscool ke Garena, apakah hal tersebut akan terulang lagi dengan Ragnarok Online? Jika terjadi perpindahan operator, bagaimana nasib para pemainnya? Apakah mereka bisa meneruskan pencapaian char mereka saat ini atau harus mengulang permainan dari awal lagi?

Sebenarnya, dari mana awal dari berita berpindahnya lisensi Ragnarok Online ini? Kami catat, rumor ini begitu kencang berhembus dikarenakan adanya beberapa hal:

  1. Munculnya lowongan pekerjaan untuk beberapa posisi yaitu Web Programmer, Web Designer, Marketing dan Game Master untuk game Ragnarok Online di situs JobsDB. Saat berita ini diturunkan, lowongan tersebut telah ditutup, berikut adalah screenshot yang sempat diambil sebelum lowongan tersebut ditutup.

 

gravindo-lowongan

  1. Munculnya situs Gravindo dengan url gravindo.id. Saat ini, di situs tersebut hanya bisa ditemukan pengumuman bahwa mereka segera hadir pada bulan Desember 2016, logo Gravindo dan juga Gravity, dan keterangan bahwa game Ragnarok akan diluncurkan ulang di Indonesia dalam waktu dekat.

gravindoss

Selain itu, Laikdis mencatat ada beberapa fakta lain yang menambah kesimpangsiuran mengenai Gravindo dan game Ragnarok Online seperti:

  1. Ragnarok Festival di event INDOCOMTECH

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini Ragnarok Online merupakan game yang lisensinya dipegang oleh Lyto. Nah, awal bulan November 2016 ini, menurut informasi yang ada di ragnarok.lytogame.com, Lyto akan menggelar acara Ragnarok Festival. Rasanya enggak mungkin kan, kalau setelah acara tersebut, lisensi gamenya akan langsung berpindah tangan di bulan berikutnya?

gravindorofestival

  1. Artikel dari sebuah portal berita

Sebuah portal berita memuat sebuah artikel yang seakan mempertanyakan apakah Gravindo mengambil alih operasional Ragnarok Online. Padahal, sudah menjadi rahasia umum bahwa portal berita tersebut adalah media online yang didirikan di bawah naungan grup Lyto. Jadi, ada kemungkinan artikel tersebut dibuat untuk memperkuat gosip dan menimbulkan hype atas munculnya publisher baru dengan game legendaris Ragnarok Online.

 

  1. Perubahan Data Whois dari situs Gravindo

Artikel dari portal berita yang kami sebut di atas ini dibuat pada tanggal 13 Oktober 2016. Hari ini kami mencoba mengecek sendiri data whois dari situs Gravindo. Ternyata, dalam selisih satu hari ini, ada 2 data yang sudah diubah yaitu: Nama Pendaftar dan Alamat Pendaftar. Pada data per tanggal 13 Oktober 2016, nama pendaftar masih tercatat atas 3 suku kata, tetapi pada tanggal 14 Oktober, nama pendaftar tercatat sebagai Gravindo saja. Pada tanggal 13 Oktober 2016, masih tercantum alamat kedua dari pendaftar yaitu alamat kantor pemegang lisensi Ragnarok saat ini. Data whois 14 Oktober 2016, alamat tersebut telah dihilangkan.

whoisfinal

Menurut analisa Laikdis, sebenarnya lisensi Ragnarok masih akan tetap berada dalam lingkungan grup Lyto sendiri. Tetapi tidak menutup adanya kemungkinan bahwa lisensi tersebut akan dialihkan pada Gravindo. Gravindo sendiri kemungkinan adalah sebuah publisher baru yang merupakan perusahaan hasil kerja sama langsung Gravity dengan Lyto yang memang sudah sangat berpengalaman di bidang industri game di Indonesia.

 

Nampaknya kita harus menunggu sampai beberapa waktu ke depan untuk dapat mengetahui kebenaran dari gosip yang satu ini. Simak terus perkembangannya di situs ini. Atau, apakah Laikers punya pendapat lain terkait hal ini? Share pendapat kalian pada kolom komentar di bawah ini ya!

Related Posts
Ragnarok Tactics SEA Masuki Masa Pra Registrasi

Saat ini game Ragnarok Tactics telah memasuki fase Pra-Registrasi untuk wilayah Asia Tenggara. Jika Laikers Selengkapnya

Perayaan 15 Tahun Ragnarok Online

Pada hari Sabtu tanggal 19 Januari 2019, Ragnarok Online Indonesia mengadakan acara perayaan ulang tahun Selengkapnya

Gravindo Merilis Game Mobile Ragnarok Rush

Gravindo hari ini telah merilis game mobile Ragnarok Rush. Laikers yang kemarin sudah melakukan pra Selengkapnya

Second CBT Tree of Saviour Dimulai Hari Ini

Laikers, akhirnya hari yang dinanti-nanti tiba juga! Mulai hari ini, kita sudah bisa menikmati periode Selengkapnya

Tags:
Gegemania

Suka beli film tapi suka lupa nontonnya.  Senang beli buku, tapi suka lupa bacanya.  Sering beli game tapi suka lupa maininnya.

  • 1