// Replace with first Tag Manager code
LOADING

Type to search

News Game Techno

PS Vita Berhasil Dijebol

Share

Saat sebuah gaming hardware diluncurkan, biasanya sistem tersebut dikunci agar hanya pengembang berlisensi saja yang bisa membuat software untuk hardware tersebut. Nah, biasanya ada saja pihak yang berusaha membobol sistem keamanan yang dimiliki sang hardware, sedangkan sang pembuatnya berusaha untuk menutup seluruh celah keamanan yang ada melalui update dan patch.

Berbagai hardware hack untuk konsol dan handheld biasanya membutuhkan game spesifik, firmware yang lebih tua, atau terkoneksi terus menerus dengan PC. Adapun hack terakhir untuk PS Vita tidak membutuhkan semua hal di atas. Satu-satunya hal yang dibutuhkan adalah, mengunjungi website tertentu dan hack akan berlangsung otomatis. Mirip dengan situs “jailbreakme” untuk iPhone dan iPad generasi lawas.

[kad_youtube url=”https://www.youtube.com/watch?v=fGut2baHIKs” maxwidth=550 ]
Eksploit buatan Team Molecule dan HENkaku ini menyebabkan pemilik Vita mendapatkan akses penuh terhadap hardware mereka. Kode tersebut diinjeksi dengan menggunakan perantara website dan menggunakan metode yang bisa menarik keluar firmware PS Vita dari sandbox mode. Setelah hal tersebut terjadi, kita bisa mengakses kartu memori  Vita melalui FTP.

Hack ini menyebabkan pengembang homebrew bisa membuat aplikasi apapun yang mereka inginkan tanpa memasuki ranah resmi. Hack ini juga menyebabkan kita memiliki akses penuh terhadap hardware, sehingga kita bisa melakukan overclock untuk sang CPU dan meng-unlock berbagai game untuk PlayStation TV.

[kad_youtube url=”https://www.youtube.com/watch?v=fgtEiZum1Rc” maxwidth=550 ]
HENkaku bukanlah sebuah eksploit yang membolehkan PS Vita menjalankan game bajakan. Mereka memang sengaja tidak melengkapi HENkaku dengan kemampuan tersebut. Tapi karena hack mereka bisa mengakses hardware PS Vita secara penuh, maka kemungkinan besar seseorang akan membuat tools lain untuk menjalankan game bajakan.

Sony akan menanggapi masalah ini dengan merilis update 3.61. Saat firmware tersebut belum dirilis, website HENkaku pasti akan kebanjiran pengunjung.

Tags: