// Replace with first Tag Manager code
LOADING

Type to search

Movie Review

Review A Quiet Place part 2, Sekuel yang Sangat Memuaskan

Share

A Quiet Place part 2 dimulai dengan cerita singkat yang mengisahkan awal mula penyerbuan mahluk asing yang melacak dan membantai para manusia. Keluarga Abbott tengah menikmati sebuah pertandingan baseball ketika makhluk-makhluk itu muncul dan kekacauan dimulai. Kita akan melihat John Krasinski sekali lagi berperan sebagai Lee Abbott sebelum dia mundur untuk duduk di kursi sutradara film ini.

Memasuki bagian kedua film ini, setelah kejadian yang berlangsung pada film pertamanya, keluarga Abbot yang tersisa terpaksa meninggalkan rumah mereka untuk mencari perlindungan di tempat lain dan berharap menemukan para penyintas lainnya. Setelah secara tidak sengaja bertemu dengan Emmet, seorang teman keluarga mereka, Marcus dan Regan menemukan siaran radio yang berulang kali memutar lagu Beyond The Sea.

Regan dengan nekat memutuskan untuk pergi seorang diri mencari lokasi para penyintas yang memutar lagu tersebut. Menyadari kepergiannya, Evelyn memohon Emmet untuk mencari Regan karena ia tidak bisa meninggalkan Marcus yang sedang terluka. Emmet yang percaya bahwa sudah tidak ada manusia baik yang masih hidup di luar sana, dengan terpaksa akhirnya menyanggupi permintaan Evelyn.

Jika dinilai dari skenario, perkembangan karakter dan perjalanan mereka, sebenarnya tidak terlalu banyak hal yang terjadi dalam bagian kedua ini. Tampaknya John Krasinski memutuskan untuk lebih memusatkan perhatiannya untuk bagian penyutradaraan dan pembuatan film ini secara keseluruhan. Hasilnya? Luar biasa bagus!

Meskipun tidak memiliki aspek kejutan dan hal yang baru seperti di film pertama saat kita baru diperkenalkan dengan kehadiran makhluk asing tersebut, Kransinski sekali lagi berhasil membuat sebuah film yang bagus dalam segala bidang. Deretan aktor mumpuni yang sudah kita lihat di bagian pertama, kali ini diperkuat dengan kehadiran Cillian Murphy dan Djimon Hounsou. Millicent Simmonds kembali menunjukkan kualitas aktingnya yang brilian. Sebagai Regan yang tuli, penonton selalu dibawa hanyut dalam setiap adegannya, seperti saat ia memantapkan tekadnya hingga saat ia merasa terpukul dan putus asa.

Krasinski menggunakan beberapa cara untuk membuat para penton terhanyut dalam situasi yang dihadapi tokoh-tokohnya. Beberapa kali film ini dibuat senyap tanpa suara untuk menunjukkan seperti apa rasanya berada dalam dunia Regan. Hal ini terasa lebih menegangkan ketika ia tidak sadar menimbulkan berbagai bunyi saat ada makhluk tersebut di dekatnya. Juga ada beberapa adegan jump scare, tetapi tetap digarap dengan baik dan tidak terlalu sering digunakan jadi tidak terkesan murahan.

Bagian paling penting dan merupakan kekuatan utama dari film ini adalah alur ceritanya. Krasinski sungguh sangat jenius dalam membangun hal tersebut. Tidak ada adegan yang terasa bertele-tele. Semuanya mendapatkan porsi pas dengan kegelisahan dan ketegangan yang perlahan terbentuk dan memuncak dengan baik menjelang bagian akhirnya. Tentu saja ini diperkuat dengan penanganan suara yang benar-benar memperkuat adegan-adegannya.

Meskipun demikian, tetap ada sedikit kekurangan dalam film ini meskipun tidaklah fatal. Karakter baru yang diperankan oleh Cillian Murphy, Emmet, kurang dikembangkan dengan baik sehingga keterikatan penonton dengannya terasa kurang, tidak sedalam dengan karakter-karakter lainnya. Selain itu, Djimon Hounsou kurang digunakan dengan baik, padahal ia adalah aktor yang bagus. Emily Blunt dan Noah Jupe agak dipinggirkan sedikit untuk memberikan Millicent Simmonds lebih banyak waktu tayang, tapi ini juga sepadan dengan hasilnya.

A Quiet Place part 2 sudah bisa disaksikan di bioskop mulai tanggal 26 Mei 2021. Menurut kami, film ini harus ditonton di layar lebar untuk mendapatkan pengalaman audio visual yang terbaik. Tentu saja, jangan lupa ikuti prokes ya!

Tags:
Gegemania

Suka beli film tapi suka lupa nontonnya.  Senang beli buku, tapi suka lupa bacanya.  Sering beli game tapi suka lupa maininnya.

  • 1