// Replace with first Tag Manager code
LOADING

Type to search

Techno News

Saatnya Kembali ke DOS!

Share

 

Laikdis bukan hipster yang hobi menggunakan barang-barang tidak umum. Ajakan di judul artikel kali ini kami tujukan pada orang-orang yang paham betul dengan dunia pemrograman. Mengapa harus kembali menggunakan DOS? Karena ada sebuah penyelidikan berhadiah US$200.000.

Tersebutlah Gary Kildall sang pembuat perusahaan Digital Research Inc. yang bertanggung jawab terhadap pembuatan DOS. Selama bertahun-tahun, Kildall menuduh Bill Gates telah mencuri sebuah kode MS-DOS yang Kildall kembangkan dari programnya yang dia buat di tahun 80-an bernama CP/M. Beberapa orang menyebutkan kalau Kildall memiliki kode rahasia copyright printing yang tersembunyi di dalam kode MS-DOS awal.

cpm-os

Lalu siapa yang akan memberikan Laikers uang? Jawabannya adalah Bob Zeidman, pemiliki perusahaan yang menangani kasus forensik dan audit untuk software lain. Empat tahun lalu, Zeidman memutuskan untuk menyelidiki tentang kasus MS-DOS VS. CP/M. Kalau dilihat seklias kedua OS itu memang mirip, tetapi bukti otentiknya tidak ada.

Bila Laikers berhasil membuktikan kesamaan tersebut dengan menggunakan kode, Zeidman akan memberikan US$100.000. Akan ada penambahan US$100.000 lagi bila kalian berhasil menemukan koder rahasia Kildall yang berisikan copyright command.

Tidak semua orang percaya kalau perintah tersebut ada di MS-DOS. Andrew Orloski menunjukkan kalau CP/M sebenarnya bukan dikopi, melainkan hanya ditiru konsep API-nya. Tapi tetap saja, saat ini siapa yang tidak ingin US$200.000?

 

Tags: